Visi Geospasial

Rasulullah Saw bersabda : “Allah memperlihatkan kepadaku seluruh penjuru bumi ini. Aku melihat bagian Timur dan Baratnya, dan aku melihat umatku akan menguasai apa yang telah Dia tunjukkan kepadaku”. (HR.Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Tirmidzi)

Sunday, August 21, 2011

DEFINISI GEOPOLITIK, GEOSTRATEGI, DAN GEOEKONOMI

DEFINISI GEOPOLITIK,
GEOSTRATEGI, DAN GEOEKONOMI[1]
1.           Geopolitik
-Suatu studi tentang pengaruh dari beberapa faktor seperti geografi, ekonomi dan demografi terhadap politik sebuah negara, khususnya politik luar negerinya. (a study of the influence of such factors as geography, economics, and demography on the politics and especially the foreign policy of a state).
-Sebuah kombinasi dari faktor politik dan geografis yang memberikan ciri terhadap suatu negara atau wilayah tertentu. (a combination of political and geographic factors characterizing a particular state or region).

2.           Geostrategi
-Suatu cabang geopolitik yang berhubungan dengan strategi (a branch of geopolitics that deals with strategy)
-Sebuah kombinasi faktor geopolitik dan strategis yang memberikan ciri terhadap  wilayah geografis tertentu (the combination of geopolitical and strategic factors characterizing a particular geographic region).
-Penggunaan oleh pemerintah strategi yang didasarkan pada geopolitik (the use by a government of strategy based on geopolitics).

3.           Geoekonomi
-Sebuah kombinasi faktor ekonomi dan geografis yang berkaitan dengan perdagangan internasional (the combination of economic and geographic factors relating to international trade).
-Sesuatu yang ditandai oleh kondisi ekonomi atau politik yang dipengaruhi oleh faktor geografis dan eksis atau dilakukan di tingkat internasional (characterized by economic conditions or politics that are influenced by geographic factors and exist or are carried out on the international level).

Fika MK
My Geostrategic Passion is just for Islam...



[1] Definisi –definisi ini diambil dari kamus Webster's Third New International Dictionary yang direkomendasikan Purbo S. Suwondo (Dosen Teori Strategi, PKN UI), 30 Juni 2011

5 comments: