Visi Geospasial

Rasulullah Saw bersabda : “Allah memperlihatkan kepadaku seluruh penjuru bumi ini. Aku melihat bagian Timur dan Baratnya, dan aku melihat umatku akan menguasai apa yang telah Dia tunjukkan kepadaku”. (HR.Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Tirmidzi)

Thursday, July 5, 2012

Terusan Suez Karya Umar Bin Khatthab


PDF Print E-mail
Di antara kejeniusan Amirul Mukminin Umar bin al-Khatthab adalah gagasan menghubungkan Laut Merah dengan Laut Putih Tengah dengan berbagai potensi domestik yang telah dikenal pada zamannya. Juga kemampuannya mewujudkan proyek tersebut dalam waktu yang relatif singkat sehingga terusan tersebut bisa dilalui kapal-kapal.

Musim dingin tahun 641-642 M, setelah Amru bin Ash ra, wali Mesir kala itu, mendapatkan izin dari Amir Mukminin Umar bin al-Khatthab ra, ia membuka terusan yang menghubungkan antara Laut Qalzim dengan Laut Romawi atau di posisinya sekarang,dikenal dengan nama Terusan Amirul Mukminin.

Al-Qadha’i berkata, Umar bin al-Khatthab telah menginstruksikan kepada Amru bin al-Ash, pada saat musim paceklik untuk mengeruk teluk yang berada di samping Fusthath, kemudian dialiri dengan air dari Sungai Nil hingga Laut Qalzim. Belum sampai setahun, teluk ini pun bisa dilalui oleh kapal dan digunakan untuk mengangkut logistik ke Makkah dan Madinah. Teluk ini pun bisa dimanfaatkan penduduk dua tanah suci tersebut sehingga disebut Teluk Amirul Mukminin. Al-Kindi menuturkan, bahwa teluk tersebut dikeruk pada tahun 32 H dan selesai hanya dalam waktu enam bulan. Kapal-kapal pun sudah bisa lalu lalang menyusuri teluk tersebut hingga sampai di Hijaz pada bulan ketujuh.

Terusan ini sangat membantu penduduk Mesir hingga era Khalifah Abu Ja’far al-Manshur, yang dibendungnya untuk memutus aliran dan dukungan Mesir terhadap perlawanan Muhammad bin Abdullah bin Hasan bin Hasan bin Ali bin Abi Thalib di Hijaz.

Sebagian sumber sejarah juga menyebutkan, bahwa Amru bin al-Ash telah memikirkan untuk menghubungkan dua Laut Putih dan Merah, namun tampaknya yang dimaksud adalah terusan lain, yang membelah antara Selat Timsah dengan Barzakh, antara Mesir dan Sinai hingga Laut Tengah. Hanya saja, rencana ini telah dibatalkan karena pertimbangan militer yang ada pada zamannya.

Pada zaman Khilafah Utsmaniyyah, teluk ini telah dibersihkan tiap tahun. Pada musim dingin, teluk ini biasanya ditutup kemudian dikeruk dan dibersihkan seperti perayaan. Biasanya dilakukan pada bulan Agustus. Lumpur yang dikeruk tersebut kemudian diangkat dan ditimbun di samping kanan-kiri aliran teluk. Pada era Khilafah Utsmaniyyah, teluk ini banyak menarik perhatian penduduk setempat.[]

Tuesday, July 3, 2012

For the Few, by the Few, in the Name of the Many (The Irony of Democracy)

A crash introduction to Elite Theory in light of the news and international affairs

by Dr. Reza Pankhurst

Elite political theory[1] holds that any society is divided between the elites (the few) and the masses (the many). Whatever the narrative behind the term democracy, the reality is that in a democracy, it is the elite political class who holds the power to make decisions. The elites – who make up the leaders of society – are generally different from the masses, having control over wealth, education, access and so on. There is an elite class who graduates into the various leadership positions of power – in the UK think of the Eton/ Oxbridge/ Bullingdon club graduates which dominate the political class whether politician, journalist or other. The role of the masses is to be ruled, not to rule, with elections having symbolic value rather than being any meaningful competition. In reality, the elections are simply a tool to decide who will run the system, and nothing to do with changing it.

Elitism doesn’t prevent other non-elites from entering the elite set – a few from the masses can be permitted to work their way up, serving the double purpose of assimilating the best talent from the generality of people while at the same time providing an outlet to undermine any potential for revolutionary leadership emerging. But to be accepted as one of the elite – you have to give up any alternative views to that of the elite class. You can become one of the people at the top – as long as you agree to the rules of the game and to help maintain the playing field. A good example of this would be the current White House incumbent Barack Obama, superficially appearing as an outsider, but one who has internalized what are the fundamental interests of the United States according to the elites, helping to explain that, though he was carried in on a slogan of change, he has disappointed even his most ardent supporters.

There will be differences amongst elites as well as competition for leadership, which leads to conflicting interests and therefore to competition as represented by the plurality of the political parties. But the disagreement within the elites and therefore between the various parties which are generally led by elite interests are over a pretty narrow scope – which has resulted to the long-time public apathy towards the political system in the UK due to the impression that neither Labor nor Conservatives represent the people and basically do not represent any kind of real choice. (The same could be said of American politics, Obama’s campaign aside which has as already mentioned since lost its luster).

In other words, the veneer of plurality in Western democracies hides the reality that the effective political parties represent the elites and not the masses (New Labor?). The actions of the Liberal Democrats in government only confirms the view, since even the third “alternative” party has basically been proven that it is a part of the “establishment”.

Being part of the elite means that you have a stake in the status quo – the system and the institutions that compose it should stay as they are, since you are doing so well out of it. Hence any changes should be slow, gradual and incremental. Getting the masses to buy into the system is important – getting them tied to debt or into property is a good way of doing it, explaining the encouragement for mortgages leading to the boom in house ownership. A man afraid of losing his house is unlikely to revolt even if his living standard becomes straitened while he observes the few others (bankers, politicians etc.) still doing extremely well. This helps to explain the relative quiet of the masses even though they are literally being worked over by the political class in order to resolve the economic crisis brought on by the banking sector. While the few reaped the vast majority of the profit in times of growth, the many pay the vast majority of the price in the time of decline.
At the same time, when resources are plentiful, it is in the interest of elites to ensure that the masses share some proportion of them in order to ensure their apathy towards the inequality between the two. But as resources shrink, the elite have to make choices about whether they should sacrifice their own interests to maintain mass support/ apathy, or risk undermining mass support through self-serving policies which protect their interests whilst harming those of the public, leading to discontent and potential unrest. A revolution is the nightmare for the elite, something to be resisted at all costs. Therefore in times of economic or political crisis, elites may turn upon one another and make compromises within their system in order to maintain their own position.

The current phone-hacking scandal engulfing the political classes in the United Kingdom highlights the entrenchment of the elites in the country (for more details regarding the scandal read Kourosh Ziabari’s piece here). Elite theory helps to explain the web of interests tying the newspaper barons, big business, etc. to the political class, and the culture of unaccountability amongst them. Far from evidence of the strength of the current politics, the current blood-letting focused upon the Murdochs and Rebekah Brooks, with the promise of an eventually more open and accountable government and media, is an example of how elites are willing and able to sacrifice one another on the altar of public humiliation in order to ensure the stability of the underlying system, a necessity at this time due to the severe undermining of public confidence in the political system as a result of the whole phone-hacking scandal and how it extends through the media, police, and politicians. However, previous crises have shown this is not necessarily successful. As mentioned by Madeleine Bunting in The Guardian, “Three major national crises of trust in as many years, and neither of the two previous crises have led to convincing reform. The danger we face is of an intensifying cynicism, and the angry apathy that entails.”

With confidence in the Western capitalist economic system shattered and the moral leadership of the West long gone, the current political crisis appears to be yet another symptom of the wider malaise of a dying civilization. Though the current elite appear able to maintain their control and interests in the short term future, as the economic situation reaches further depths, and a greater number of people face eviction from their homes and hunger coupled with the complete loss of confidence in the political and social institutions in the country, the situation may become much less easy to control.

Notes
[1] The description of elite theory as mentioned here is derived from the explanation in Dye and Zeigler’s “The Irony of Democracy”

A version of this article appeared at www.newcivilisation.com.

Reza Pankhurst has a PhD from the London School of Economics and Political Science, Government department. He is a former political prisoner of the previous Mubarak regime in Egypt, having spent 4 years in jail between 2002 and 2006. He also contributes to the New Civilisation online magazine (www.newcivilisation.com). Read more articles by .

Ketika Bumi Mengeluarkan Berkah

Oleh: Dr. Fahmi Amhar


Hari-hari ini para pemimpin dunia berkumpul di Rio de Janeiro (Brazil) untuk membahas suatu agenda yang disebut “Rio Post-20″.  Dua puluh tahun yang lalu (1992) di tempat yang sama, para penguasa dunia saat itu juga berkumpul memikirkan langkah-langkah menyelamatkan bumi dari krisis lingkungan yang semakin serius.  Sayang, banyak rekomendasi yang ditelurkan saat itu justru tidak diratifikasi oleh negara pemboros sumber daya alam dan pembuat pencemaran terbesar di dunia saat ini, yaitu Amerika Serikat!
Padahal bumi ini memiliki mekanisme sendiri.  Dia akan terus mengeluarkan berkah tanpa henti, selama dikelola dengan syariah.  Dan umat Islam dalam sejarah telah membuktikan.  Mereka juga tidak berhenti hanya dalam bentuk pengaturan syariah, tetapi juga mengembangkan segala teknologi untuk menjadikan bumi makin berkah.

Para ilmuwan Islam terdahulu telah menjadikan ilmu bumi (geografi) sebagai ilmu yang menghubungkan langit (yakni pengamatan astronomi dan meteorologi) dan bumi (geodesi dan geologi).  Juga ilmu yang menghubungkan dunia hidup (biotik) dan mati (abiotik).  Yang hidup pun mencakup flora, fauna dan manusia beserta interaksinya.

Dan yang lebih penting: geografi tidak cuma ilmu untuk memetakan dan memahami alam semesta di sekitar kita, namun juga untuk mengubahnya sesuai kebutuhan kita.  Berbeda dengan filsafat, geografi memiliki kegunaan praktis, baik di masa damai maupun di masa perang.  Sampai hari ini, geografi mutlak diperlukan baik oleh wisatawan, perencana kota hingga panglima militer.

Dari sisi sejarah, para geografer pertama muncul hampir bersamaan dengan mereka yang dianggap filosof pertama.  Anaximander dari Miletus (610 - 545 SM) dikenal sebagai pendiri geografi.  Anaxagoras berhasil membuktikan bentuk bulat bumi dari bayangan bumi saat gerhana bulan.  Namun dia masih percaya bahwa bumi seperti cakram.  Yang pertama mencoba menghitung radius bumi sebagai bola adalah Eratosthenes.  Sedang Hipparchus menggagas lintang dan bujur serta membaginya dalam 60 unit (sexagesimal) sesuai matematika Babylonia saat itu.  Penguasa Romawi-Mesir Jenderal Ptolomeus (83-168) membuat atlas yang pertama.

Setelah kejatuhan Romawi, terjadi migrasi dari geografi Eropa ke dunia Islam.  Alquran memerintahkan untuk melakukan penjelajahan demi penjelajahan (QS Ar Ruum: 9).  Para geografer Muslim ternama dari Abu Zaid Ahmed ibn Sahl al-Balkhi (850-934), Abu Rayhan al-Biruni (973-1048), Ibnu Sina (980-1037), Muhammad al-Idrisi (1100-1165), Yaqut al-Hamawi (1179-1229), Muhammad Ibn Abdullah Al Lawati Al Tanji Ibn Battutah (1305-1368) dan Abū Zayd ‘Abdu r-Rahman bin Muhammad bin Khaldūn Al-Hadrami, (1332-1406), menyediakan laporan-laporan detail dari penjelajahan mereka.

Namun tentu saja selembar peta sering berbicara lebih banyak dari jutaan kata-kata.  Fenomena juga harus ditafsirkan dengan teori atau informasi yang dikenal sebelumnya.  Untuk itulah para ilmuwan Islam menafsirkan ulang karya-karya sebelumnya baik dari Romawi, Yunani maupun India dan mendirikan Baitul Hikmah di Baghdad untuk tujuan itu.  Al-Balkhi bahkan mendirikan “Mazhab Balkhi” untuk pemetaan di Baghdad.

Al-Biruni menyediakan kerangka referensi dunia pemetaan.  Dialah yang pertama kali menjelaskan tentang proyeksi polar-equi-azimutal equidistant, yang di Barat baru dipelajari lima abad setelahnya oleh Gerardus Mercator (1512-1594).   Al-Biruni dikenal sebagai sosok yang paling trampil dalam soal pemetaan kota dan pengukuran jarak antar kota, yang dia lakukan untuk banyak kota di Timur Tengah dan anak benua India.  Dia mengombinasikan antara kemampuan astronomis dan matematika untuk mengembangkan berbagai cara menentukan posisi lintang dan bujur.  Dia juga mengembangkan teknik mengukur tingginya gunung dan dalamnya lembah.  Dia juga mendiskusikan tentang habitabilitas planet (syarat-syarat planet yang dapat didiami) dan menaksir bahwa seperempat permukaan bumi dapat didiami manusia.  Dia juga menghitung letak bujur dari kota Khwarizm dengan menggunakan tinggi matahari dan memecahkan persamaan geodetis kompleks untuk menghitung secara akurat jari-jari bumi yang sangat dekat dengan nilai modern.  Metode al-Biruni ini berbeda dengan pendahulunya yang biasanya mengukur jari-jari bumi dengan mengamati matahari secara simultan dari dua lokasi yang berbeda.  Al-Biruni mengembangkan metode kalkulasi trigronometri berbasis sudut antara dataran dan puncak gunung yang dapat dilakukan secara akurat oleh satu orang dari satu lokasi saja.

John J O’Connor dan Edmund F Robertson menulis dalam MacTutor History of Mathematics archive: “Important contributions to geodesy and geography were also made by Biruni. He introduced techniques to measure the earth and distances on it using triangulation. He found the radius of the earth to be 6339.6 km, a value not obtained in the West until the 16th century. His Masudic canon contains a table giving the coordinates of six hundred places, almost all of which he had direct knowledge.”

Seiring dengan al-Biruni, Suhrab pada abad ke-10 membuat buku berisi koordinat-koordinat geografis serta instruksi untuk membuat peta dunia segi empat dengan proyeksi equi-rectangular atau cylindrical-equidistant.  Sedang Ibnu Sina berhipotesa tentang sebab-sebab munculnya pegunungan secara geologis, apa yang sekarang disebut ilmu geomorfologi.

Dengan kerangka tersebut Al-Idrisi membuat peta dunia yang detil atas permintaan raja Roger di Sicilia, yang waktu itu dikuasai Islam.  Peta al-Idrisi ini disebut di Barat “Tabula Rogeriana”.  Peta ini masih berorientasi ke Selatan.  Al-Hamawi menulis Kitab Mu’jam al-Buldan yang merupakan ensiklopedi geografi dunia yang dikenal hingga saat itu.  Ibn Battutah membuat laporan geografi hingga pulau-pulau di Nusantara, yang Majapahit atau Sriwijayapun tidak meninggalkan catatan.  Sementara itu Ibnu Khaldun menulis dalam kitab monumentalnya “Muqadimah” suatu bab khusus tentang berbagai aspek geografi, termasuk klimatologi dan geografi manusia.

Geografer Muslim dari Turki Mahmud al-Kasygari (1005-1102) menggambar peta dunia berbasiskan bahasa, dan ini pula yang dilakukan oleh Laksamana Utsmani Piri Rais (1465-1555) agar Sultan Sulayman I (al-Qanuni) dapat memerintah daulah khilafah dengan efisien.

Geografi di kalangan kaum Muslimin masih bertahan ketika Khilafah masih menegakkan jihad.  Begitu era jihad mengendur, antusiasme pada geografi pun mengendur.  Kaum Muslimin jadi kehilangan “kompas” dan wawasan mereka dalam peta geopolitik dunia.  Akibatnya satu demi satu tanah air mereka lepas atau sumber dayanya diperas atau dicemari penjajah kafir.  Maka keberkahan dari bumi pun lenyap sudah.[]

Topeng Demokrasi Tidak Bisa Menyembunyikan Belenggu Kemiskinan Perempuan Indonesia


Topeng Demokrasi Tidak Bisa Menyembunyikan
Belenggu Kemiskinan Perempuan Indonesia


Hidup di dalam sistem demokrasi sangat mahal bagi kaum perempuan. Tidak terkecuali di Indonesia, negeri yang dianggap sebagai model demokratis terbaik dari negeri muslim. Realitas menunjukkan perempuan Indonesia masih terbelenggu oleh kemiskinan. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Gumelar, pertengahan Mei lalu menyatakan saat ini diperkirakan ada sekitar 7 juta perempuan di Indonesia yang berperan sebagai kepala keluarga dan mereka hidup dibawah garis kemiskinan dengan pendapatan dibawah US$ 1 dollar. Jumlah ini mewakili lebih dari 14% dari total jumlah rumah tangga di Indonesia. Bahkan menurut aktifis LSM Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA), sebenarnya jumlah perempuan kepala keluarga di Indonesia datanya jauh lebih besar melebihi yang tercatat oleh pemerintah, yakni mencapai 10 juta orang. 

Belenggu kemiskinan yang membelit perempuan Indonesia juga ditunjukkan dengan tingginya angka buruh migran perempuan low skilled yang mencapai 7 juta jiwa di luar negeri. Kemiskinan adalah faktor terbesar yang memaksa perempuan Indonesia bekerja ribuan kilometer di negeri orang tanpa adanya jaminan perlindungan dari negara. Hal ini memacu masalah lain yaitu problem kekerasan pada buruh migran, bahkan sampai meregang nyawa jauh dari sanak saudara. Menurut Anis Hidayah, Direktur Eksekutif Migrant Care, tindak kekerasan dan pembunuhan terhadap TKW meningkat setiap tahunnya, untuk data tahun 2009 saja angka TKW yang menjadi korban kekerasan sudah sebesar 5.314 orang.

Fenomena mengerikan ini menunjukkan kegagalan sistem demokrasi sekuler dalam memenuhi hak-hak ekonomi perempuan, yang memaksa perempuan untuk bermigrasi ribuan kilometer hanya demi mempertahankan standar dasar kehidupan. Demokrasi memiliki konsekuensi yang mahal dan kejam bagi perempuan. Apalagi kondisi ini justru melanda Indonesia, negeri yang dipandang oleh pemerintah AS sebagai negara yang paling berhasil melangsungkan demokratisasi di antara negeri-negeri muslim lainnya. 

Sejumlah pemimpin Barat telah memuji Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar di dunia Muslim dan contoh bagaimana Islam dan demokrasi dapat dikombinasikan dengan baik. Sebagai contoh, pada bulan Desember 2010, Presiden Obama menyampaikan pidato untuk audiens sekitar 6.000 orang di Universitas Indonesia, Jakarta, di mana ia menggambarkan "transformasi demokratis yang luar biasa" di Indonesia dan toleransi beragamanya yang mampu  berdiri sebagai contoh untuk negara berkembang lainnya. Dia juga berkomentar bahwa AS memiliki kepentingan dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia sebagai pasar untuk produk Amerika dan juga sebagai sekutu dalam penyebaran demokrasi. Nada yang sama juga dimainkan oleh Perdana Menteri Inggris David Cameron ketika ia mengunjungi Jakarta pada bulan April 2012. Dia secara khusus menyatakan bahwa penghormatan Indonesia terhadap demokrasi dan kelompok-kelompok minoritas agama harus menjadi contoh bagi negara-negara Muslim lainnya. AS dan negara Barat lainnya memang memiliki misi untuk menyebarkan sistem demokrasi di seluruh dunia, mengklaim bahwa itu adalah sistem tertinggi yang digunakan untuk mengatur masyarakat secara efektif dan mengamankan kebutuhan masyarakat dan hak.

Kebohongan pemerintah Barat tentang demokrasi harus dibedakan dari realitas nyatanya. Pujian terhadap demokratisasi Indonesia jelas hanya propaganda ambisius dari agenda kapitalistik-sekuler mereka. Topeng manis demokrasi yang menutupi Indonesia tidak bisa menghapuskan ataupun menyembunyikan belenggu kemiskinan yang menimpa perempuan Indonesia. Wajah sebenarnya dari demokrasi adalah sistem gagal yang tidak mampu untuk memelihara urusan umat manusia secara efektif.

Di sisi lain upaya kalangan feminis melalui jalur perundangan berbasis gender di Indonesia dengan memasukkan hak-hak perempuan dalam bidang politik, ekonomi, pendidikan dan hukum hampir selalu menemui jalan buntu. Meski Indonesia sudah memiliki beberapa undang-undang berbasis gender dan bahkan saat ini sedang membahas Rancangan UU Keadilan dan Kesetaraan Gender, namun undang-undang ini sudah bisa dipastikan hanya memiliki pengaruh yang sangat kecil di bawah gurita sistem politik yang berpihak untuk kepentingan elit politik, dan tidak berkutik di bawah disfungsi sistem ekonomi yang mengkonsentrasikan kekayaan negara di tangan segelintir orang dan memiskinkan sebagian besar rakyat. 
Secara sistemik demokrasi melahirkan negara korporasi yang terbentuk dari simbiosis mutualisme elit politik dan pemilik modal yang tidak akan pernah berpihak pada rakyat, termasuk perempuan. Sistem ini menjadikan uang atau modal sebagai panglima. Sebagai contohnya adalah lebih dari 80% migas Indonesia dikuasai perusahaan asing begitupun kekayaan alam Indonesia lainnya. Sementara angka kemiskinan terus meningkat, angka korupsi yang juga meningkat, kemudian juga konflik sosial di tengah-tengah masyarakat yang juga cenderung meningkat.
Perempuan Indonesia akan memiliki kisah yang berbeda 180 derajat, jika negeri ini menerapkan sistem Khilafah Islam. Karena Khilafah sangat kredibel dan telah teruji dalam waktu yang lama dalam menangani kemiskinan, sekaligus tetap menjaga kehormatan perempuan. Ini adalah sebuah sistem yang akan menerapkan secara komprehensif hukum-hukum ekonomi Islam yang ditentukan oleh Allah (Swt), Zat yang memiliki semua pengetahuan tentang cara terbaik untuk menjamin kebutuhan umat manusia dan mengatur urusan masyarakat. Ini adalah sebuah sistem yang memiliki warisan sejarah untuk menciptakan kemakmuran ekonomi dan pemberantasan kemiskinan pada negeri-negeri yang diperintahnya.

Khilafah, berkewajiban untuk memberlakukan jaminan pemenuhan nafkah (kebutuhan dasar) terhadap perempuan, termasuk standar yang baik pada layanan pendidikan, kesehatan dan perlindungan/keamanan. Bahkan Islam mengatur bahwa perempuan secara finansial akan selalu dipelihara oleh kerabat laki-laki mereka. Bagi pria yang tidak memiliki pekerjaan, negara harus berusaha maksimal untuk menciptakan kesempatan kerja termasuk menyediakan bunga bebas hibah untuk mereka yang tidak memiliki modal untuk memulai usaha, atau memberikan tanah / lahan pertanian sehingga mereka dapat mengolahnya dan menjadi mata pencaharian untuk memelihara diri dan keluarga mereka. Bagi pria yang secara fisik tidak dapat mencari nafkah atau untuk para wanita yang tidak memiliki kerabat laki-laki untuk mempertahankan mereka, negara memiliki kewajiban untuk menanggung mata pencaharian mereka.   
Hal ini sesuai dengan sabda Nabi (saw​​), "Imam adalah penggembala (ro’in), dan ia bertanggung jawab untuk orang-orang yang digembalakannya" dan, "Jika seseorang mati (di kalangan umat Islam) meninggalkan harta, maka harta akan pergi ke ahli warisnya; dan jika ia meninggalkan utang atau tanggungan, kami akan mengurus mereka". Demikian juga Rancangan Konstitusi Hizbut Tahrir untuk negara Khilafah yang menyatakan, "Negara menjamin dukungan yang memadai bagi mereka yang tidak memiliki dana, tidak ada pekerjaan dan penyedia tidak. Negara bertanggung jawab untuk perumahan dan memelihara penyandang cacat dan cacat.
Konsekuensinya dalam Khilafah,perempuan tidak akan bermigrasi ribuan kilometer hanya untuk sekedar memenuhi kebutuhan pokoknya. Saatnya perempuan Indonesia kembali pada Islam dan meninggalkan sistem demokrasi. Sistem Khilafah adalah satu-satunya yang mampu menangani dengan kredibel dan memberikan solusi praktis untuk berbagai masalah politik, ekonomi dan sosial yang saat ini menimpa perempuan di seluruh negeri-negeri Muslim dan di seluruh dunia, termasuk perempuan Indonesia.


Fika Monika Komara
Member of Women’s Section, South East Asia
Central Media Office, Hizb ut-Tahrir

Monday, July 2, 2012

The Mask of Democracy Cannot Conceal the Dire Poverty of Indonesian Women


The Mask of Democracy Cannot Conceal the Dire Poverty of Indonesian Women
Living in a democratic state is truly costly for women, and Indonesia is no exception - a country that has been claimed by various Western politicians as one of the leading models of a Muslim democratic state. The reality shows that Indonesian Women are still shackled by poverty. The Minister for Women and Child Protection in Indonesia, Linda Amalia Sari Gumelar, stated this May that there are currently about 7 million women in Indonesia who have become the breadwinner of their household, and the majority of them live below the poverty line with incomes under U.S. $ 1 dollar a day. This figure represents more than 14% of the total number of households in Indonesia. However, the NGO Empowerment of Women Heads Of Households (PEKKA), estimates the number of female-headed households is much greater than the government's figure, the number being nearer to 10 million Indonesian women.

The poverty that shackles Indonesian women is also indicated by the huge numbers of low skilled-female migrant workers working outside of the country that has reached 7 million people. Poverty is the main factor which has forced them to work thousands of miles away from their country and families without even the assurance of protection from the Indonesian government. This situation is associated with another problem - the violence, torture and even homicide against women migrant workers in the countries to which they have migrated. According to Anis Hidayah, Executive Director of Indonesian Association for Migrant Workers Sovereignity, violence and murder of women migrant workers is increasing each year. In 2009, the number of female Indonesian migrant workers who became victims of violence reached 5,314.

These undeniable realities show the failure of a secular democratic state to fulfill the basic economic needs of women, forcing them to migrate for the sake of earning a living in order to sustain a basic standard of life. Democracy has had a costly and cruel consequence upon women's lives. Moreover, these problems are plaguing Indonesia, a country that is considered by the United States' government as a success story in democratization, amongst the countries of the Muslim world. A number of Western leaders have praised Indonesia as the world's largest Muslim democratic state and an example of how Islam and democracy can be combined in a successful manner. For example, in December 2010, President Obama delivered a speech to an audience of about 6,000 people at the University of Indonesia, Jakarta, where he described Indonesia's "extraordinary democratic transformation" and its religious tolerance standing as an example to other emerging economies. He also commented that the U.S. has a stake in Indonesia's continued growth as a market for American goods and as an ally in spreading democracy. The same tone was displayed by UK Prime minister David Cameron when he visited Jakarta in April 2012. He specifically stated that Indonesia's respect for democracy and minority religious groups should serve as an example for other Muslim nations. The US and other Western powers indeed have a mission to spread the democratic system around the world, claiming that it is the supreme system by which to govern societies effectively and secure people's needs and rights.

The lie of Western governments regarding democracy must be distinguished from the true reality. Their praise of the democratization of Indonesia is clearly just the ambitious propaganda of their Capitalistic-secular agenda. The democratic mask that covers Indonesia could not eradicate nor hide the shackle of poverty afflicting Indonesian women for the true face of democracy is of a failed system unable to look after the affairs of mankind effectively.

In addition, attempts by feminists in Indonesia to establish women's rights in the political, economic, educational, health and legal spheres of the society through gender equality-based legislation are almost always ineffective in improving the lives of ordinary women. Indonesia has implemented various gender equality-based laws, and its government is now discussing the Draft of a new Gender Equality and Justice Law, but such laws will assuredly have no influence on the nature of the secular democratic political system in the country that only favours the interests of political elites. Such laws will prove totally redundant in improving the welfare of Indonesia's women for they lie under the shadow of a capitalist economic system that concentrates the state's wealth in the hands of the few while impoverishing the majority of the people.
Systemically, democracy empowers the corporation state that is based upon the symbiotic relationship of securing the mutual interests of the political elites and the capitalists who would never side with the people, including women. This system makes money or capital as the commander-in-chief of governing. For example, large proportions of Indonesia's natural wealth and resources are owned and controlled by foreign companies, including more than 80% of the nation's oil. This is against a background of ever-rising poverty which has also increased levels of corruption, and social conflict between the people.

Indonesian women will face an entirely different story when the state implements the Islamic Khilafah system, for the Khilafah has a credible, time-tested approach to tackling poverty while simultaneously maintaining the dignity of women. It is a system that will implement comprehensively the sound economic laws of Islam defined by Allah(swt), the One Who has all-knowledge of how best to secure the needs of mankind and organise the affairs of a society. It is a system that has a historical legacy of creating economic prosperity and eradicating poverty in the lands over which it governed.

The Khilafah system is obliged to guarantee the provision of basic needs to women in addition to a good standard of education, healthcare, security and protection. Islam prescribes that women be financially maintained by their male relatives always. For those men who lack employment, the state must endeavour to strive to its utmost to create employment opportunities which may include providing interest free-grants to those who lack capital to start a business or giving land to others so that they can farm it and make a livelihood to maintain themselves and their families. For those men who are physically unable to earn a living or for those women who have no male relatives to maintain them, the state has the obligation to bear their livelihood. This is according to the sayings of the Prophet(saw), "The Imam is in charge (ra'i) and he is responsible for his citizens" and, "If somebody dies (among the Muslims) leaving some property, the property will go to his heirs; and if he leaves a debt or dependents, we will take care of them." The draft constitution of Hizb ut-Tahrir for the Khilafah states, "The State is to guarantee the adequate support for those who have no funds, no employment and no provider. The state is responsible for housing and maintaining the disabled and handicapped."

Consequently in the Khilafah, women will not have to migrate thousands of miles just to meet their basic needs. So, it is time for Indonesian women to leave democracy. Khilafah is the only system that provides credible practical solutions for a wide range of political, economic and social issues and crises that affect women throughout the Muslim lands and across the world, including women in Indonesia.

Fika Monika
Member of Women's Section, South East Asia
Central Media Office, Hizb ut-Tahrir
11 Sha'aban 1433
 2012/07/01

Q&A : Realitas Penindasan Muslim Myanmar

Realita Myanmar Secara Politik dan Penindasan Terhadap Kaum Muslimin di Sana

بسم الله الرحمن الرحيم

Soal Jawab

http://hizbut-tahrir.or.id/2012/06/29/sj-realita-myanmar-secara-politik-dan-penindasan-terhadap-kaum-muslimin-di-sana/

Realita Myanmar Secara Politik dan Penindasan Terhadap Kaum Muslimin Di Sana



Pertanyaan:  kami mohon secara ringkas realita Myanmar (secara politik, sebab-sebab penindasan mengerikan terhadap kaum muslimin di negeri tersebut, sikap regional dan internasional terhadap penindasan itu) dan terima kasih banyak.
Jawab: berikut pemaparan perkara yang diperlukan dalam masalah ini:
1.                  Jumlah penduduk negeri itu lebih dari 50 juta orang.  Diantaranya sekitar 20 % adalah kaum muslimin dan mereka terpusat di ibukota Rangoon dan kota Mandalay di propinsi Arakan. Dan 70 % penduduknya beragama Budha dan sisanya beragama Hindu, Kristen dan agama lainnya.  Akan tetapi Birma tidak mengakui kaum muslimin kecuali hanya sebagian kecil dari mereka sekitar 4% dan yang sisanya dianggap orang asing.  Birma berusaha mengusir mereka dan tidak memberi mereka kewarganegaraan dan tidak mengakui apapun hak-hak yang menjadi milik mereka.  Oleh karena itu mereka menghadapi serangan dari orang-orang Budha dengan dukungan rezim hingga sampai pada pembunuhan dan pengusiran mereka.
2.                  Para sejarawan menyebutkan bahwa Islam masuk ke negeri itu tahun 877 M pada masa khalifah Harun ar-Rasyid ketika waktu itu daulah al-Khilafah menjadi negara terbesar di dunia selama beberapa abad.  Islam mulai menyebar di seluruh Birma ketika mereka melihat kebesaran, kesahihan dan keadilannya.  Kaum muslimin memerintah propinsi Arakan lebih dari tiga setengah abad antara tahun 1430 hingga tahun 1784 M.  Pada tahun ini (1784 M) kaum kafir berkoalisi menyerang propinsi tersebut, dan orang-orang Budha pun mendudukinya.  Mereka menghidupkan kerusakan di propinsi tersebut.  Mereka membunuh kaum muslimin dan menumpahkan darah mereka, khususnya para ulama kaum muslimin dan para dai. Orang-orang Budha juga merampok kekayaan kaum muslimin, menghancurkan bangunan-bangunan islami baik berupa masjid maupun sekolah.  Hal itu karena kedengkian mereka dan fanatisme mereka terhadap kejahiliyahan budhisme mereka.
3.                  Dahulu di wilayah tersebut terjadi persaingan dan saling berbagi penjajahan antara Inggris dan Perancis.  Inggris pada tahun 1824 M menduduki Birma dan menancapkan penjajahan mereka atas Birma.  Sementara orang-orang Perancis menduduki Laos yang bertetangga dengan Birma dan menancapkan penjajahan mereka terhadap Laos.  Pada tahun 1937 Inggris memisahkan jajahan mereka Birma dari “pemerintahan India Inggris”.  Maka jadilah jajahan Inggris terpisah secara administratif dari pemerintah India Inggris, atas nama “pemerintahan Birma Inggris”.  Propinsi Arakan dijadikan berada di bawah pemerintahan ini di bawah kontrol orang-orang Budha.
4.                  Selama masa Perang Dunia II dan pada tahun 1940 M, di daerah jajahan ini berdiri gerakan dengan nama “Milisi Pertemanan Tigapuluh - Birma Independence Army), yang dibentuk oleh tiga puluh orang dari Birma yang mendapat latihan di Jepang yang berjanji mengusir agressor Inggris.  Mereka masuk ke negeri mereka bersama dengan agressor Jepang tahun 1941 M.  Birma waktu itu menjadi garis depan peperangan antara Inggris dan Jepang hingga Jepang mengalami kekalahan pada akhir Perang Dunia II tahun 1945 M.  Pada waktu itu Inggris mampu memperluas penjajahannya kembali atas Birma.  Pada tahun 1942 kaum muslimin mengalami pembantaian oleh orang-orang Budha yang menyebabkan korban sekitar 100 ribu orang muslim, dan ratusan ribu mengungsi ke luar negeri.  Pada tahun 1948 M Inggris memberi Birma kemerdekaan formalistik.  Satu tahun sebelumnya yaitu pada tahun 1947 M Inggris menggelar konferensi untuk mempersiapkan kemerdekaan dan mengajak seluruh kelompok dan ras di negeri tersebut dan sebaliknya menjauhkan kaum muslimin dari konferensi itu.  Pada konferensi itu Inggris menetapkan pasal yang menyatakan bahwa kepada tiap kelompok atau suku diberi hak merdeka akan tetapi setelah sepuluh tahun kemudian, namun pemerintahan Birma tidak mengimplementasikan hal itu.  Dan penindasan terhadap kaum muslimin pun terus berlanjut.
5.                  Pada tahun 1962 terjadi kudeta militer di Birma dengan pimpinan militer jenderal Ne Win.  Ia membentuk Dewan Militer dengan sebutan Dewan Negara untuk mempersiapkan undang-undang dan sistem.  Ia memerintah negeri itu secara langsung hingga tahun 1988 M.  Dewan itu sendiri terus bertahan hingga tahun 1997 dan Ne Win tetap mengontrol dewan tersebut.  Pada tahun 1990, dilakukan pemilihan umum.  Liga Nasional untuk Demokrasi (National League for Democracy - NLD) yang beroposisi mendapatkan mayoritas kursi.  Hanya saja pemerintahan militer tidak mengakui transisi kekuasaan hingga sempurna ditetapkan Konsitusi.  Dimulailah sejumlah pertemuan berturut-turut sejak tahun 1993 M untuk menetapkan konstitusi yang baru.  Pasca kudeta itu, kaum muslimin mengalami penindasan dari pemerintahan militer yang fanatik kepada Budha.  Pemerintahan militer itu melakukan pengusiran lebih dari 300 ribu muslim ke Bangladesh.  Pemerintah militer telah mengusir lebih dari setengah juta orang muslim ke luar Birma pada tahun 1978 M.  Diantara mereka yang meninggal lebih dari 40 ribu orang muslim terdiri dari orang-orang tua, wanita dan anak-anak disebabkan kondisi yang keras mendera mereka.  Jumlah itu menurut statistik Badan Pengungsi (UNHCR) yang ada di bawah PBB.  Pada tahun 1988 M lebih dari 150 ribu kaum muslimin hijrah ke luar negeri.  Lebih dari setengah juta orang muslim mengalami pengusiran dari negeri sebagai pembalasan dari pemerintahan militer dikarenakan dukungan kaum muslimin itu kepada partai oposisi yang meraih kemenangan mayoritas kursi di Dewan pada tahun 1990 M.  Pemerintah Myanmar menganggap kaum muslimin sebagai orang asing dan bukan warga negeri (Myanmar).  Pemerintah Myanmar menghalangi anak-anak kaum muslimin mendapatkan pendidikan dan menikah sebelum berusia tiga puluh tahun.  Bahkan pemerintah Myanmar memaksa kaum muslimin untuk tidak menikah selama tiga tahun.  Hal itu untuk memperkecil jumlah kaum muslimin.  Tindakan-tindakan paling bengis dilakukan oleh pemerintah terhadap kaum muslimin.  Pada tahun 1989 M pemerintah mengubah namanya dari Birma Inggris menjadi Myanmar.  Ada negara-negara yang mengakui dengan nama kedua dan ada negara-negara yang tidak mengakuinya dan tetap menggunakan nama pertama.
6.                  Militer terus memerintah Birma.  Inggris kadang-kadang mendukung mereka secara langsung.  Kadang-kadang melalui agen Inggris.  Inggris menjadikan rezim Birma/Myanmar secara zahir dekat dari orang-orang komunis hingga mendapat dukungan Rusia dan China dan menutupi realita sebenarnya.  Hal itu seperti banyak rezim di dunia barat menutupi keantekannya kepada Amerika dan Inggris dengan mendekat ke orang-orang komunis dan kepada Rusia dan China.  Sebelumnya Amerika memprotes atas sikap India yang mendukung rezim militer Myanmar dan kerjasama erat India dengan pemerintah Myanmar.  Kantor berita AFP pada tanggal 28 Mei 2012 M ketika memberitakan kunjungan presiden India Manmohan Singh ke Birma pada tanggal tersebut dan menandatangani serangkaian perjanjian dengan presiden Birma, AFP menyebutkan: “India dekat dengan Dewan Militer selama tahun 90-an abad lalu, terlebih pada bidang keamanan dan energi”.  Pada tahun 2010 M, Washington mengecam sikap diam India terhadap pelanggaran HAM di Birma hingga Suu Kyi yang mendapat sebagian pendidikannya di India karena ibunya menjadi duta besar, ia mengungkapkan kesedihannya atas dukungan India kepada pemerintahan militer di negerinya (Myanmar)”.  Pada November 2007 M, berbagai kantor berita mengutip menyerukan India dan China agar menghentikan dukungan senjata kepada rezim militer di Birma.  Rezim militer di Birma memberi berbagai fasilitas militer kepada China di teluk Benggala di lautan Hindia.  Hal itu untuk mendapatkan dukungan China kepada Birma di tengah kampanye Amerika melawan Birma.  Sebagaimana merupakan kepentingan China untuk mendapatkan sebuah pelabuhan di Birma ke arah samudera Hindia.  China sendiri berbatasan darat dengan Birma di timur laut Birma sepanjang 2000 kilometer.  India berbatasan darat dengan Birma di barat laut Birma.  Dahulu pemerintah India mengikuti Inggris secara langsung dan setelah Inggris keluar secara formalistik dari sana, India menjadi semacam administratur atas Birma dan berada di bawah perlindungan Inggris dan menjadi kuat karena dukungan Inggris.
7.                  Amerika telah membangkitkan opini umum menentang pemerintahan militer.  Opini umum dipusatkan di seputar ketua oposisi Aung San Suu Kyi sampai dia dilepaskan pada November tahun 2010 M.  Kemudian tekanan makin bertambah terhadap Dewan Militer.  Amerika pun membangkitkan opini umum seputar Dewan Militer supaya Dewan membubarkan dirinya sendiri dan menyerahkan pemerintahan kepada sipil.  Akan tetapi Inggris dan pemeritah India yang bersamanya, menyelesaikan masalah tersebut dengan kecerdasan Inggris.  Maka mereka buat Dewan Militer menyerukan diselenggarakan pemilu dan dengan cara-cara yang menjadi keahlian Inggris …  maka berlangsunglah pemilu pada tahun 2010 M dan Partai Uni Solidaritas dan Pembangunan (Union Solidarity and Development Party - USDP) yang merupakan partai militer meraih 80% kursi.  Dewan Militer membubarkan dirinya sendiri dan menyerahkan pemerintahan kepada sipil, dan mereka adalah pensiunan jenderal terutama jenderal Thein Sein, yang menerima pemerintahan pada Maret 2011 M.
8.                  Amerika terus menekan rezim di Birma sampai bisa menjauhkan orang-orang rezim militer para pensiunan jenderal dan mendatangkan pemimpin oposisi dimana Amerika menampakkan dukungan penuh kepada Aung San Suu Kyi dan partainya Liga Nasional untuk Demokrasi (National League for Democracy - NLD).  Oleh karena itu, Amerika menyebarkan analisis-analisis masa datang dengan kemungkinan menangnya pemimpin oposisi pada pemilu tahun 2010 M.  Menteri luar negeri AS Hillary Clinton mengunjungi Birma pertama kalinya pada Desember tahun 2011 lalu.  Hillary Clinton mengumumkan bahwa negaranya akan menunjuk duta besarnya untuk pertama kali sejak dua puluh tahun lalu dan bahwa Amerika akan meringankan sanksi beriringan dengan kemajuan dalam proses demokrasi di sana.  Pada tanggal 1 April 2012 M berlangsung pemilu parsial di Birma memperebutkan 45 kursi.  Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (National League for Democracy - NLD) dipimpin oleh pemimpin oposisi Aung San Suu Kyi meraih 43 kursi dari 45 kursi yang diperebutkan.  Meski demikian, menteri luar negeri Amerika menyatakan, “masih terlalu dini untuk memutuskan sejauh mana kemajuan yang terjadi pada bulan-bulan terakhir (di Birma) dan masih harus dilihat apakah hal itu akan terus berlanjut” (AFP, 2/4/2012).  Dengan bentuk ini pejabat luar negeri Amerika ingin melakukan tekanan negerinya terhadap rezim di Birma, maka Clinton pun meragukan kebenaran kemajuan dalam proses demokrasi di Birma.  Sebab orang-orang militer dalam wajah sipil adalah yang memerintah Birma dan memaksakan kontrol mereka atas panggung politik di Birma.  Sesuai pasal konstitusi yang ditetapkan oleh militer pada tahun 90-an abad lalu, seperempat kursi Parlemen wajib diberikan untuk militer melalui penunjukan dan bukan melalui pemilu!
Begitulah, Amerika tidak puas dengan situasi politis di Birma, meski sudah membuat kemajuan dengan membebaskan pemimpin oposisi dan memperbolehkan partai Liga Nasional untuk Demokrasi (National League for Democracy - NLD) melakukan aktivitas politik.  Namun Amerika terus saja melakukan tekanan terhadap rezim Birma.  Amerika juga menampakkan ketidakpercayaan tentang kredibilitas rezim karena Amerika ingin meningkatkan tekanan hingga memungkinkan Amerika menjauhkan militer yang loyal kepada Inggris dari pemerintahan.
9.                  Akan tetapi, Inggris mendukung rezim.  Menteri luar negeri Inggris William Hague mengomentar positif apa yang berlangsung di Birma.  Ia mengatakan, “Inggris yang merupakan negara pemberi bantuan terbesar kedua untuk rakyat di Birma siap untuk mendukung aktivitas politik di Birma” (Associated Press, 3/4/2012).  Perdana Menteri Inggris David Cameron berkunjung ke Birma pasca pemilu di Birma.  Dan itu merupakan pemimpin barat pertama yang berkunjung ke Birma sejak kudeta tahun 1962.  Cameron mensuport rezim di Birma dengan ucapannya, “sekarang ada pemerintahan yang mengatakan bertekad melakukan langkah-langkah reformasi dan telah mengambil langkah-langkah dan saya yakin bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk saya datang ke sini dan saya mendorong langkah-langkah ini” (AFP, 13/4/2012).  Cameron bertemu dengan presiden Thein Sein.  Thein Sein berkata kepada Cameron, “kami gembira dengan pengakuan Anda terhadap upaya yang kami curahkan untuk menguatkan demokrasi dan hak asas manusia di Birma”.
Begitulah, Inggris puas dengan situasi politik di Myanmar dan mendukungnya.
10.              Pada tanggal 3/6/2012 orang-orang Budha melakukan serangan terhadap sebuah bus yang mengangkut muslim dan membunuh 9 orang dari mereka.  Akibatnya meletuslah insiden antara orang-orang Budha dan kaum muslimin dalam bentuk pembunuhan, pembakaran rumah, dan pengusiran sampai meliputi sejumlah daerah hingga mulailah puluhan ribu kaum muslimin keluar dari rumah mereka.  Bangladesh menolak untuk membantu kaum muslim yang tiba di Bangladesh bahkan Bangladesh mengembalikan mereka dan menutup perbatasannya terhadap mereka.  Pada tanggal yang serupa pada tahun lalu, kaum muslimin mengalami serangan-serangan serupa dan dipaksa lari meninggalkan negeri.  Pada setiap tahun selama puluhan tahun mereka (kaum muslimin) mengalami semisal hal itu baik pembunuhan, migrasi, pengusiran dari rumah-rumah mereka dan penghancuran rumah-rumah mereka oleh orang-orang Budha yang dengki dengan mendapat dukungan dari rezim di Birma.  Barat terutama Amerika merestui rezim baru membebaskan pemimpin oposisi dan perubahan demokrasi tanpa sedikitpun menyebut apa yang menimpa kaum muslimin.  Kedutaan besar Amerika di Birma mengeluarkan keterangan yang menyebutkan bahwa Kuasa Usaha Michael Thurston telah bertemu secara terpisah di Yangoon dengan organisasi-organisasi Islam lokal dan dengan Partai Uni Solidaritas dan Pembangunan (Union Solidarity and Development Party - USDP) di Arakan.  Thurston mengatakan, “yang paling penting sekarang bahwa semua pihak wajib untuk tenang.  Ada kebutuhan akan dialog yang lebih.  Dialog hanya mungkin terjadi ketika ada ketenangan.”  Ia mengatakan, “kedutaan Amerika mendorong pemerintah Myanmar untuk melakukan penyelidikan dengan jalan yang menghormati proses hukum dan kedaulatan hukum” (kantor berita Associated Press Amerika, 14/6/2012).  Artinya, Amerika mengatakan kepada masyarakat yang mengalami pembunuhan dan pengusiran bahwa kalian harus tenang, berpegang pada dialog dan mematuhi proses hukum!  Ini karena orang-orang yang terbunuh dan terusir adalah kaum muslimin.  Sedangkan ketika para biksu Budha pada tanggal 20/9/2007 melakukan demonstrasi dan dibungkam oleh rezim militer di Birma, maka Amerika membangunkan dunia dan tidak duduk serta menjatuhkan sanksi-sanksi keras terhadap Birma dan hal itu diikuti oleh negara-negara barat.  Hal itu menunjukkan bahwa Amerika tidak peduli dengan apa yang menimpa kaum muslimin dan tidak mengutamakan hal itu.  Yang Amerika pentingkan adalah realisasi kepentingannya dan perluasan pengaruhnya.  Ini secara umum merupakan sikap barat semuanya yang memusuhi Islam dan kaum muslimin.
11.              Ringkasnya, rezim di Birma yang dahulu dikontrol oleh para jenderal berpakaian militer dan saat ini dikontrol oleh para pensiunan jenderal dengan berpakaian sipil, tetap loyal kepada Inggris.  Inggris mendukungnya baik secara rahasia maupun terang-terangan, langsung maupun tidak langsung melalui antek-antek Inggris di India.  Begitu pula, Inggris juga mendukung orang-orang Budha dalam membunuh kaum muslimin dan menginkuisisi kaum muslimin.  Bukan pada hari-hari ini saja, akan tetapi sejak pemerintahan islami berakhir di negeri itu.
Berdasarkan cara Inggris dalam kecerdasan politik, mereka membuat rezim militer di Birma dekat dari orang-orang komunis, Rusia dan China. Sehingga rezim Birma mendapatkan dukungan mereka pada situasi ketika terjadi kampanye Amerika yang dilancarkan melawan rezim itu.
Sedangkan Amerika, maka Amerika mendukung partai Liga Nasional untuk Demokrasi (National League for Democracy - NLD) pimpinan Aung San Suu Kyi yang dijadikan oleh Amerika meraih hadiah nobel perdamaian pada tahun 1991 M.  Ayah Suu Kyi yaitu Aung San, dahulu menentang Inggris dan terbunuh pada tahun 1947 M.  Pemimpin oposisi itu menuduh Inggris membunuh ayahnya dan menilai ayahnya sebagai pahlawan kemerdekaan.
Meski terjadi pertarungan politik antara Amerika dan Inggris di Birma namun keduanya sepakat dalam mendukung orang-orang Budha dalam membunuh kaum muslimin tanpa membuat Barat bergetar perasaan kemanusiaan yang diklaim dimilikinya, kecuali hanya mengeluarkan pernyataan-pernyataan kosong …  Akan tetapi mereka pun memprotes keras jika para Biksu demonstrasi mereka dibungkam atau karena sesiapapun diantara oposan Budha dipenjarakan.
Sedangkan China, China mendukung rezim di sana untuk merealisasi kepentingan-kepentingan ekonomi dan strategisnya di situ tanpa meraih pengaruh di negeri tersebut.
Adapun para penguasa di negeri-negeri kaum Muslim, maka mereka mengikuti Amerika dan barat sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta.  Mereka diam saja tetap tidak bergerak sedikitpun.  Bahkan hingga penguasa Bangladesh yang bertetangga dengan Birma seklaipun, tidak menolong saudara-saudara mereka kaum muslimin yang menderita penyaringan dan penindasan bengis sejak ratusan tahun.  Bahkan penguasa Bnagladesh bukan hanya tidak menolong kaum muslimin bahkan mencekik leher orang yang mengungsi ke Bangladesh dan menutup perbatasannya untuk kaum muslimin itu.  Para penguasa itu tidak memenuhi perintah Allah SWT:
]وَإِنِ اسْتَنْصَرُوكُمْ فِي الدِّينِ فَعَلَيْكُمُ النَّصْرُ[
(Akan tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan (QS al-Anfal [8]: 72)
Bukan hanya itu, penguasa kaum musimin itu justru memenuhi seruan Amerika dan negara-negara barat lainnya. Penguasa Bangladesh pun mengirimkan tentara ke kawasan-kawasan konflik lainnya dan diatas kepala-kepala mereka dan pundak-pundak mereka terdapat panji-panji PBB!
Para penguasa itu tidak bisa diharapkan dari mereka kebaikan, bahkan keburukan dari mereka lebih dahulu.  Keamanan tidak akan kembali menjadi milik kaum muslimin d negeri tersebut kecuali jika kembali kepada al-Khilafah.  Mereka telah bernaung di bawah al-Khilafah sejak masa khalifah Harun ar-Rasyid lebih dari tiga setengah abad lamanya …  Jadi al-Khilafah sajalah yang memberikan kepada mereka keamanan dan menyebarkan kebaikan di seluruh dunia.  Semoga al-Khilafah sudah dekat keberadaannya, atas izin Allah.
06 Sya’ban 1433 H
26 Juni 2012 M

Q&A : Militer AS di Asia Pasifik

Peningkatan Eksistensi Militer AS di Asia/Pasifik

 بسم الله الرحمن الرحيم

Soal Jawab

http://hizbut-tahrir.or.id/2012/06/29/sj-peningkatan-eksistensi-militer-as-di-asiapasifik/

Pertanyaan: Pada tanggal 1 Juni 2012 menteri pertahanan AS Leon Paneta pada Konferensi Keamanan di Singapura mengumumkan bahwa: “Amerika Serikat akan mempertahankan enam kapal induk pengangkut pesawat di kawasan Asia/Pasifik dan akan mengalihkan 60% kapal perangnya ke kawasan tersebut selama tahun-tahun mendatang hingga tahun 2020.  Ia menjelaskan bahwa pemindahan armada Amerika terjadi dalam alur penerapan strategi baru Amerika yang bertujuan menaikkan tingkat kehadiran militer Amerika di kawasan Asia/Pasifik”.  Lalu apa yang mendorong Amerika memindahkan sebagian besar kapal perangnya ke kawasan Asia/Pasifik? Apakah Amerika telah sangat memperhitungkan China pada waktu mutakhir ini atau pada tahun-tahun mendatang?  Dan kapan China mungkin bergerak untuk memperluas kontrolnya atas kawasan tersebut?

Jawab:
Untuk menjawab hal itu kami sebutkan hal-hal berikut:
1.     Kawasan Asia/Pasifik meliputi negeri-negeri yang sangat penting:
-     Contoh, negara Jepang, China, Taiwan, Korea Selatan dan Korea Utara. Diantara negara-negara ini terjadi konflik atas masalah kedaulatan laut China Timur dan konflik atas sebagian pulau, kebebasan navigasi dan penangkapan ikan.
-      Contoh, negara Philipina, Vietnam, Kambodia, Thailand, Brunei, Malaysia, Singapura dan Indonesia. Diantara negara-negara ini ada konflik atas masalah kedaulatan laut China Selatan dan konfllik atas sebagian pulau di sana.  Disamping konflik atas selat Malaka, kebebasan navigasi dan penangkapan ikan.
-      Kemudian kawasan tersebut dianggap sebagai perpanjangan dari samudera Hindia yang di pantai utaranya terdapat negara Burma, Bangladesh, India hingga mencapai Pakistan yang paling dekat ke laut Arab dan merupakan perpanjangan dari Samudera Hindia dan kemudian tiba ke teluk Oman untuk bisa mencapai ke kawasan teluk dan ke selatan hingga teluk Aden lalu Bab el-Mandab untuk sampai ke laut Merah yang dari situ bisa sampai ke laut Mediterania.
-     Sebagaimana kawasan Asia/Pasifik disamping pantai utara samudera Hindia merupakan kawasan yang paling banyak penduduknya di dunia dan paling banyak penduduk muslimnya.  Di kawasan ini berdiam hampir mendekati separo dari penduduk dunia dan separo dari jumlah kaum muslimin.
2.      Jalur transportasi laut dinilai lebih penting dari jalur darat sebab bisa mengangkut jumlah yang jauh lebih besar dengan menggunakan kapal dan biayanya lebih kecil.  Juga lebih mudah kapal berlayar jauh dari pos-pos perbatasan negara-negara, kecuali jika melalui selat atau alur laut yang berada di bawah kontrol negara yang mengelolanya.  Hingga sekarang 90% komoditi diangkut melalui laut menggunakan kapal meski ada perkembangan besar di transportasi darat dan pembuatan kendaraan-kendaraan besar.  Demikian juga perkembangan transportasi udara.  Akan tetapi biayaya besar dan tidak mungkin mengangkut jumlah seperti yang bisa diangkut oleh kapal laut.  Juga bahwa 65% minyak diangkut melalui laut menggunakan kapal tanker meski jalur-jalur pipa telah berkembang.  Oleh karena itu, kawasan Pasifik sangat penting sebab membentang ke samudera Hindia yang menjadi jalur transportasi 70% pasokan minyak dan gas dari kawasan teluk ke negeri-negeri itu.  Kebutuhan kawasan ini khususnya China dan India terhadap minyak akan terus meningkat menjadi dua kali lipat pada dekade mendatang.  Di sana ada alur selat Malaka yang dinilai sebagai alur penting yang menghubungkan samudera Hindia dan Pasifik, sepanjang 800 km terletak diantara semenanjung Malaysia dan pulau Sumatera Indonesia.  Sekitar 40% komoditi perdagangan gobal dan setengah perdagangan minyak dan gas global melintasi selat Malaka.  Selat Malaka sangat penting bagi China dan India untuk transportasi komoditinya ke timur dan barat.  Kawasan ini memiliki peran sangat penting dari sisi adanya jalur-jalur laut …
3.    Kemudian kawasan ini juga sangat penting dari sisi strategis.  China berupaya menanamkan kontrolnya atas kawasan ini sebab kawasan ini dianggap sebagai kawasannya secara historis dan geografis, selain kepentingan strategis dan ekonomisnya bagi China.  China adalah negara besar secara regional.  China berupaya agar menjadi negara berpengaruh di kawasan ini.  Akan tetapi China belum mampu menancapkan kontrolnya atas kawasan ini.  Kontrol dan hegemoni Amerika tetap menjadi yang terbesar dan yang paling kuat pengaruhnya.  Amerika sangat memandang penting kawasan ini pada masa perang dingin karena adanya ancaman ke Amerika dari Uni Soviet pada waktu itu.  Rusia memiliki perbatasan laut di utara samudera Pasifik.  Amerika pada masa itu memiliki lebih dari 600 kapal perang.  Ketika perang dingin berakhir dengan jatuhnya komunisme, tercerai-berainya Uni Soviet dan hilangnya bahayanya, Amerika menurunkan jumlah kapal perangnya hingga kurang dari setengahnya yakni tinggal 279 kapal perang dan akhirnya jumlah kapal perang Amerika stabil pada tahun 2008 pada angka 285 kepal perang.  Amerika mencukupkan dengan jumlah itu karena Amerika tidak lagi memiliki pesaing dan yang mengancam eksistensinya di kawasan ini.
Selain itu, Amerika juga memiliki eksistensi secara militer dan tetap di pangkalan militer di Jepang dan Korea Selatan yang berada di pantai laut China Timur.  Demikian pula Amerika juga memiliki hal serupa di Philipina yang berada di pantai laut China Selatan.  Amerika di kawasan tersebut memiliki sekitar setengah juta tentara.  Amerika memiliki eksistensi militer tetap di kawasan ini sejak tahun 50-an abad lalu.
4.        Posisi Amerika secara global tengah bergetar akibat berbagai kekalahan yang dideritanya di Irak dan Afganistan dari kaum muslimin.  Juga akibat krisis finansial yang meletus tahun 2008 lalu.  Dalam situasi itu, China mulai menilai situasi dan bekerja memanfaatkannya untuk meningkatkan kekuatannya hingga bisa menanamkan pengaruhnya di kawasannya jika Amerika hancur total atau mengalami kegoncangan lebih kuat dari yang telah terjadi dimana Amerika tidak mampu lagi menjaga pengaruhnya di kawasan tersebut, atau jika kaum muslimin mengusir Amerika dari kawasan.
Amerika paham bahwa China bukan negara besar secara global dan China tidak berusaha mendongkel Amerika dari posisinya sebagai negara adidaya di dunia.  Meski demikian, akan tetapi China merupakan negara besar secara regional, yaitu di kawasan Asia/Pasifik yang dianggap oleh China sebagai kawasannya dan menjadi kawasan yang penting bagi China secara ekonomi dan strategis.  China berusaha menjadi pemilik kedaulatan di laut China Timur.  Jika China berhasil dalam hal itu, maka akan membuat Jepang dan Korea Selatan berada di bawah belas kasihannya atau di bawah kontrolnya, disamping Korea Utara yang di situ China memiliki pengaruh terhadapnya.  China juga berusaha menjadi pemilik kedaulatan atas laut China Selatan.  Hal itu akan bisa membuat Philipina, Vietnam, Kambodia, Laos, Brunei, Malaysia, Singapura dan Indonesia berada di bawah pengaruhnya atau kontrolnya dan berikutnya China akan bisa mengontrol selat Malaka yang dinilai sebagai urat nadi kehidupan bagi China.  Jika China mengontrol kawasan ini atau menancapkan pengaruhnya atau menjadikan kawasan ini berada di bawah kontrolnya maka China bisa mempengaruhi kawasan samudera Hindia dan mengancam pengaruh Amerika di kawasan tersebut secara serius.  Ini merupakan masalah vital bagi Amerika.  Amerika tidak akan mentolerir hal itu terjadi selamanya berapapun biaya yang harus dibayarkan.
5.     Amerika memberikan nilai sangat penting untuk melindungi wilayahnya dari dua sisi, samudera Atlantik dan samudera Pasifik yang mengelilinginya.  Sekarang tidak ada ancaman yang berarti bagi Amerika di samudera Atlantik, atau di balik Atlantik sebelah barat yakni Amerika Selatan.  Amerika tidak memprediksi, sejauh yang bisa diprediksi, akan adanya pesaing serius dan riil dari Eropa di Atlantik atau balik Atlantik.  Oleh karena itu, Amerika saat ini memberi perhatian ke kawasan lain yaitu samudera Pasifik dan samudera Hindia yang berikutnya laut Arab, kawasan Teluk dan Bab el-Mandab …  Untuk itu Amerika memperkecil kekuatannya di Atlantik untuk memperkuat kekuatannya di samudera Pasifik.  Hal itu disampaikan secara detil oleh Leon Paneta bahwa 60% dari angkatan laut Amerika akan ada di kawasan Asia/Pasifik pada tahun 2020 dan akan meliputi enam kapal induk pengangkut pesawat tempur, dan sebagian besar kapal penjelajah, perusak, kapal perang dan kapal selam Amerika.  Paneta mengisyaratkan kepada konflik-konflik yang terjadi antara negara-negara kawasan dengan China.  Ia mengatakan: “sikap Amerika Serikat jelas.  Kami menyeru agar menahan diri dan solusi diplomasi.  Kami menolak provokasi, pemaksaan dan penggunaan kekuatan”.  Paneta mengklaim bahwa, “negaranya tidak berpihak kepada satu pihak melawan pihak lain” (kantor berita UBI Amerika, 2/6/2012).  Kantor berita itu mengisyaratkan bahwa: “presiden Amerika Barack Obama mengatakan pada November 2011 bahwa kawasan Asia/Pasifik memiliki prioritas besar bagi Amerika Serikat”.  Kantor berita itu menyebutkan bahwa “konsentrasi Amerika atas kawasan tersebut datang pada saat tampilnya China dan India sebagai dua kekuatan ekonomi global dan setelah penarikan Amerika dari Irak dan makin dekatnya penarikan militer Amerika dari Afganistan”.
Kemudian, peningkatan Amerika atas eksistensi angkatan laut di kawasan Asia/Pasifik memungkinkan peningkatan jumlah latihan dan manuver yang dilakukan di kawasan itu pada tahun-tahun mendatang.  Demikian juga, Amerika berencana meningkatkan kunjungan angkatan laut Amerika ke kawasan yang lebih luas dari Pasifik hingga mencapai kawasan samudera Hindia.  Paneta menyebutkan bahwa, “angkatan bersenjata Amerika sepanjang tahun lalu berpartisipasi dalam 172 latihan perang dan manuver (di kawasan ini) yang melibatkan 24 negara” (BBC, 2/6/20120.
6.      Strategi militer Amerika di kawasan Asia/Pasifik yang diumumkan oleh menetri pertahanan AS Leon Paneta itu datang sebagai bagian dari strategi militer baru Amerika yang sudah diumumkan oleh presiden Obama pada tanggal 6 Januari 2012.  Strategi militer baru itu fokus pada tiga poros utama: pertama, penurunan jumlah militer Amerika di Eropa. Kedua, pemotongan anggaran belanja pertahanan dengan tetap mempertahankan keunggulan kualitatif.  Ketiga, fokus pada kawasan Pasifik untuk mencegah pertumbuhan kekuatan China seraya memberikan nilai penting untuk kawasan Timur Tengah dan Asia.  Saat ini tidak ada bahaya dan ancaman bagi Amerika di Eropa.  Karena itu tidak ada alasan bagi eksistensi tentara Amerika dalam jumlah besar di Eropa sebagai bagian rencana penurunan belanja militer.  Sebab Amerika masih terhuyung-huyung akibat krisis finansial dan belum bisa keluar dari krisis tersebut.  Maka Amerika bersandar pada rencana penurunan anggaran belanja militer selama sepuluh tahun ke depan sampai jumlah (maksimal) 1,2 tiliun dolar (yang sudah diputuskan Kongress sebesar USD 487 miliar dan ada kemungkinan pemotongan belanja militer AS ditambah lagi USD 500 miliar, pen), dan peningkatan kekuatan militernya di kawasan Asia/Pasifik.
Begitulah, peningkatan kekuatan angkatan laut Amerika di kawasan Asia/Pasifik pada dasarnya diarahkan membendung China dan bahayanya yang mungkin terhadap pengaruh Amerika di kawasan tersebut.
7.     Akan tetapi, ada perkara lain yang dibisikkan oleh pergerakan angkatan laut Amerika itu dan penyebaran militernya di kawasan Pasifik melintasi selat Malaka ke samudera Hindia lalu laut Arab, Teluk dan laut Merah …  Artinya tidak terbatas pada pantai dan laut China saja.  Perkara yang diperhitungkan oleh Amerika sebagai sesuatu yang mungkin terjadi itu adalah munculnya kekuatan Islam di kawasan yaitu “daulah al-Khilafah”.  Itulah yang membuat Amerika memperhitungkan “kekuatan China yang eksis, dan kekuatan daulah islamiyah yang diprediksikan …  Karena itu Amerika memperluas pangkalan-pangkalan dan pergerakannya di sepanjang pantai kawasan islami …  Amerika memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan perubahan yang akan datang pada tahun-tahun mendatang dan pada dekade ke depan berupa munculnya kekuatan islami besar di dunia islami, khususnya bahwa setengah penduduk kaum muslimin itu ada di kawasan Asia/Pasifik dan di utara samudera Hindia.  Dan kawasan itu merupakan perluasan dari kawasan kaum muslimin di teluk, Timur Tengah dan Afrika.  Bahkan itu merupakan bagian dari strategi besar daulah islamiyah ketika berdirinya nanti, atas izin Allah SWT.  Penting disebutkan bahwa daulah islamiyah sejak abad pertamanya telah berusaha untuk mencapai kawasan itu sehingga kebaikan menyebar di segala penjurunya dan menjadi menyerupai kawasan islami, sampai para penjajah barat datang dan mulai menyebarkan bibit keburukan di kawasan itu hingga bisa menjajah dan mengontrolnya sejak tiga abad untuk menghancurkan punggung kaum muslimin dari timur.  Pada waktu yang sama mereka melancarkan perang penjajahan dan konspirasi atas kaum muslimin di barat.  Hal itu hingga mereka bisa meghancurkan daulah kaum muslimin, daulah al-Khilafah dan sistem islaminya.  Hal itu telah terealisir untuk para penjajah barat …  Para penjajah barat takut akan kembalinya daulah al-Khilafah dan Sistem Islam. …  Daulah al-Khilafah dan Sistem Islam pasti kembali atas izin Allah dan bahwa hari besok itu bagi orang yang menunggunya adalah amat dekat.
15 Rajab 1433 H
5 Juni 2012 M