Visi Geospasial

Rasulullah Saw bersabda : “Allah memperlihatkan kepadaku seluruh penjuru bumi ini. Aku melihat bagian Timur dan Baratnya, dan aku melihat umatku akan menguasai apa yang telah Dia tunjukkan kepadaku”. (HR.Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Tirmidzi)

Sunday, October 16, 2011

Choke-Points (Titik Sumbat)

Choke-Points

Chokepoints adalah konsep umum dalam geografi transportasi, karena merujuk pada lokasi yang membatasi kapasitas sirkulasi dan tidak dapat dengan mudah dilewati, karena sangat mudah untuk diblokir. Ini berarti bahwa setiap alternatif dari chokepoint melibatkan sebuah rute memutar atau penggunaan alternatif yang berimplikasi pada biaya keuangan dan penundaan waktu yang signifikan.[1]
Chokepoint bisa berupa selat atau alur pelayaran yang sempit dan padat sebagai akibat terpusatnya lalu lintas pelayaran kapal-kapal dari berbagai jalur perdagangan dunia yang biasanya berlokasi dekat dengan Hub-Port atau paling tidak berada di lintasan alur pelayaran kapal-kapal dari dan ke suatu Hub-Port. Terdapat 5 (lima) chokepoints di kawasan Asia Pasifik : [2]
1. Selat Malaka
2. Selat Sunda
3. Selat Lombok dan Makassar
4. Laut Cina Selatan
5. Laut Cina Timur

Chokepoints nomor 2 dan 3 harus disebut sebagai ALKI (alur laut kepulauan Indonesia). Untuk nomor 4, Laut Cina Selatan, mengacu pada area yang dikelilingi oleh pantai timur Vietnam, Kepulauan Spratly, Selat Bashi / Luzon dan pulau Hainan. Sedangkan nomor 5, Laut Cina Timur, adalah wilayah laut berbatasan dengan Taiwan, Diaoyu / Kepulauan Senkaku, Kyushu, Selat Tsushima, Cheju Island, dan pantai Timur Cina selatan Shanghai. Berbagai faktor kepentingan strategis dan ketidakstabilan kelima area ini sebagai titik konvergensi, maka semua diklasifikasikan secara kolektif sebagai "chokepoints."


[1] Jean-Paul Rodrigue, Straits, Passages and Chokepoints A Maritime Geostrategy of Petroleum Distribution, Cahiers de Géographie du Québec,Volume 48, no 135, Desember 2004, Pages 357-374
[2] Kazumine AkimotoStructural Weaknesses and Threats in the Sea Lanes,Institute for International Policy Studies, Tokyo 2001

3 comments:

  1. chokepoints kan sudah diketahui dari dulu, jadi seharusnya tidak begitu berdampak pada keuangan..
    dan sudah semestinya tau harus melalui jalur kemana yg lebih baik dan biaya nya pun sudah dapat ditentukan kembali


    http://www.marketingkita.com/2017/08/wilayah-pemasaran-dalam-ilmu-marketing.html

    ReplyDelete
  2. politik strategi indonesia harus aktif di chokepoint kedaulatan NKRI. Misal, jika RRC mau ikut ngatur di selat malaka yang minta imbalan 50% saham Smelter Nikel di Morowali serahkan Indonesia atau hutang RI ke China hapuskan 50%. Atau jika USA yang mau kontrol di Selat Malaka atau Chocke point di NKRI yang lain kita tawarkan misalnya Hapus hutang RI dari USA atau bantu pinjaman tanpa bunga 2000 Trilyun agar hutang kuar negerui RI yang 5000 T berkurang. Itu artinya kita cerdas dan punya posisi tawar. Sekarang PLNRI condong ke RRC namun Amerika akan menggagu RI lewat OPM dan lainya.

    ReplyDelete
  3. wah memang optimalisasinya perlu ditingkatkan

    ReplyDelete