Visi Geospasial

Rasulullah Saw bersabda : “Allah memperlihatkan kepadaku seluruh penjuru bumi ini. Aku melihat bagian Timur dan Baratnya, dan aku melihat umatku akan menguasai apa yang telah Dia tunjukkan kepadaku”. (HR.Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Tirmidzi)

Thursday, December 29, 2011

Iran Ancam akan Tutup Selat Hormuz

Iran ancam akan tutup Selat Hormuz

28 Desember 2011 20:45 WIB

Iran mengatakan mereka mungkin akan menutup salah satu jalur minyak utama jika Barat meningkatkan sanksi terhadap Teheran terkait dengan program nuklir.

Wakil Presiden Mohammad Reza Rahimi memperingatkan tidak setetes pun minyak bisa melewati Selat Hormuz bila sanksi terhadap Iran ditambah.

Kepala Staf Angakatan Laut Iran Laksamana Habibollah Sayari mengatakan menutup selat tersebut adalah hal yang mudah.

"Menutup Selat Hormuz lebih mudah dibandingkan meminum segelas air," kata Laksamana Sayari kepada stasiun televisi Iran Press TV.

"Namun untuk saat ini kami belum merasa perlu menutup selat. Ada Laut Oman yang berada di bawah kendali kami dan kami juga mengontrol transit di perairan ini," jelas Sayari.

Selat Hormuz menghubungkan negara-negara penghasil minyak di Teluk seperti Bahrain, Kuwait, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab dengan Samudera Hindia.

Sekitar 40% kapal tanker minyak dunia melewai selat tersebut. Sehingga Selat Hormuz dikenal sbg chokepoint (titik sedak) jalur perdagangan maritim dunia yg paling rawan dan strategis. Setelah itu juga dikenal Selat Malaka yg menempati posisi kedua.

Komentar:
Pakar geopolitik energi, Dirgo D.Purbo pernah mengatakan gampang saja membuat bangkrut AS dan China, yaitu dgn cara (1) embargo dan (2) blokade. Embargo pasokan minyaknya dan blokade jalur perdagangan maritimnya. Kedua langkah ini hanya bisa dilakukan oleh negeri-negeri muslim karena semua kekayaan minyak bumi dan kekayaan jalur strategis dunia dimiliki oleh Dunia Islam. Subhanallah!

1 comment:

  1. SubhaanalLaah...
    Allaah begitu menyayangi negeri-negeri Muslim. Jika saya negeri-negeri Muslim itu tau diri... maka nikmat bagi mereka akan ditambah dan ditambah lagi...

    ReplyDelete