Visi Geospasial

Rasulullah Saw bersabda : “Allah memperlihatkan kepadaku seluruh penjuru bumi ini. Aku melihat bagian Timur dan Baratnya, dan aku melihat umatku akan menguasai apa yang telah Dia tunjukkan kepadaku”. (HR.Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Tirmidzi)

Sunday, August 14, 2011

The Heart of Maritime Asia : Indonesia

Salaam.
pada entri sebelumnya ditulis sebuah analisis dari George Friedman dalam artikelnya tertulis bahwa Indonesia adalah sumbu dari 3 kekuatan (Islam, AS dan China)...sebenarnya setahun sebelumnya Robert D. Kaplan dalam bukunya Monsoon :  The Indian Ocean And The Future Of American Power juga menyebut wilayah Indonesia sebagai jantung maritimnya Asia (the heart of maritime asia).

Kondisi geopolitik Indonesia sangat sarat dengan unsur-unsur strategis, dari unsur sumber daya alam hingga sea lanes of communication (SLOC). SLOC atau jalur-jalur pelayaran/perhubungan laut tersebut secara politik dan ekonomi sangat strategis, karena menyangkut kelangsungan hidup berbagai negara. Khususnya disini adalah Selat Malaka

Selat Malaka merupakan choke point paling vital dalam perdagangan dunia saat ini, dimana Selat ini telah mempertemukan Samudera India dan Pasifik Barat. Lokasi regionalnya merupakan jalur persimpangan (crossroad) antara konsentrasi industri, teknologi dan militer di Asia Timur laut, sub benua India dan sumber minyak di Timur Tengah, Australia dan Pasifik Tenggara.

Fika MK
My Geostrategic Passion is just for Islam...

No comments:

Post a Comment